Sabtu, 10 Maret 2012


RENCANA
STRATEGI SEKOLAH



Renstra






















SMP NEGERI 1 BELITANG MULYA
KECAMATAN BELITANG MULYA
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

Visi :
UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN BERPRILAKU

Misi :
1.  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
2.  Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
3.  Mendorong seluruh siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

BAB I
PENDAHULUAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BELITANG MULYA
TAHUN PELAJARAN 2009/2010 SD 2012/2013
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Belitang Mulya
Alamat Sekolah : Jl.Raya Petanggan BK. 16 Kec. Belitang Mulya K
A. Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN BERPRILAKU

Misi :
4.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
5.      Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
6.      Mendorong seluruh siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
2. Indikator :
a. Lingkungan sekolah yang kondusif sebagai lingkungan komunitas pembelajaran yang bernuansa agamis.
b. Meningkatnya prosespembelajaran dan layanan bimbingan konseling.
c. Meningkatnya kualitas lulusan dalam bidang akademis dan non akademis
d. Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
e. Terwujudnya rencana induk pengembangan fasilitas Pendidikan
f. Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan.
g. Terwujudnya program penggalangan pembiayaan sekolah
h. Meningkatnya system penilaian Pendidikan.
i. Meningkatnya pengembangan kurikulum.
3. Misi Sekolah :
Misi :
  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
  3. Mendorong seluruh siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

  1. Tujuan Sekolah
a. Melaksnakana pengembangan kurikulum
1). Mengembangkan kurikulum tingkat satuan Pendidikan pada tahun 2010.
2). Mengadakan pemetaan SK, SD, Indikator untuk kelas 7, 8 dan 9 pada tahun 2010
3). Mengembangkan Rencana Pembelajaran untuk kelas 7, 8 dan 9 semua Mata pelajaran.
4). Mengembangkan system penilaian berbasis kompetensi/kelas.
b. Sekolah mencapai standar isi (kurikulum) pada tahun 2012
c. Sekolah mencapai standar proses pembelajaran tahun 2011
1). Berpusat pada peserta didik
2). Mengembangkan kreativitas
3). Menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang
4). Kontekstual
5). Menyediakan pengalaman belajar yang beragam
6). Belajar melalui berbuat.
d. Sekolah mencapai standar ketuntasan dan kelulusan, kompetensi akademik, non-akademik dan imtaq
e. Sekolah mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan pada tahun 2012
f. Sekolah mencapai standar sarana dan prasarana pada tahun 2013
g. Sekolah mencapai standar pengelolaan sekolah pada tahun 2013
h. Sekolah mencapai standar pembiayaan pada tahun 2013
i. Sekolah mengembangkan sistem penilaian
1). Menilai pencapain kompetensi peserta didik
2). Bahan penyusuanan lapporan kemajuan hasil belajar.
3). Memperbaiki proses pembelajaran
j. Sekolah merupakan lingkungan komunitas pembelajaran yang bernuansa agamis
1). Penataan lingkungan dengan simbol-simbol keagamaan (kaligrafi)
2). Wajib berbusana muslim bagi siswa perempuan dan hari jumat khusus bagi siswa laki-laki.
k. Seluruh warga mengamalkan kehidupan bernuansa agamis, di sekolah dan lingkungan masyarakat.
5. Program Strategis
a. Pengembangan standar isi kurikulum/pengembangan kurikulum tingkat satuan Pendidikan
b. Pengembangan standar proses pembelajaran dan layanan bimbingan konseling
c. Pengembangan dan peningkatan SDM Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
d. Pengembanngan Standar Kompetenswi Lulusan/Akademik dan non Akademik.
e. Pengembanngan Standar sarana dan prasarana Pendidiksn serta Media pembelajaran.
f. Pengembangan manajemen sekolah dan peningkatan mutu Kelembagaan menuju standar pengelolaan.
h. Pengembangan kegiatan lomba akademis dan ono akademis.
i. Pengembangan lingkungan sekolah sebagai komunitas pembelajaran yang
bernuansa agamis
j. Menumbuhkan penghayatan ajaran agama dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.

6. Strategi Pelaksanaan
a. Sosialisasi
b. Kerjasama yang sinergis dengan stake holder
c. Diklat (Inservice Training/on Senrvice Training)
d. Wrokshop
e. Seminar
f. Aktivitas MGMP Sanggar, Gugus dan Sekolah
g. In House Training
h. Pembinaan potensi siswa ( ektarakurikuler dan lomba-lomba)
i. Pembekalan
j. Pemberdayaan
k. Studi banding.
l. Pengadaan Pembangunan melalui usulan BIS.
7.  Hasil Yang Diharapkan
No.
Program
Target
1.
Terpenuhinya Kurikulum Sekolah sesuai PP 15 Tahun2005
a. Tersusunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b. Pemetaan SK, SD, aspek dan indicator.
c. Silabus untuk semua mata pelajaran dan semua kelas.
d. Sistem Penilaian untuk semua mata pelajaran dan semua kelas.
e. Penyusunan Rencana Pembelajaran untuk semua mata
Pelajaran.
2012
2.
Terpenuhinya standar proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inovatif sesuai SNP.
2011
3.
Tercapainya standar ketuntasan dan kelulusan sesuai SNP.
2011
4.
Terpenuhinya standar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai SNP.

5.
Terpenuhinya standar sarana dan prasarana Pendidikan sesuai SNP
a. Terpenuhinya ruang belajar yang standar
b. Ruang layanan BK
c. Ruang Pengembangan diri
d. Media Pembelajaran
2013
6
Terwujudnya MBS dan peningkatan mutu kelembagaan sesuai standar pengelolaan

7
Terwujudnya standar pembiayaan sesuai SNP

8.
Terlaksananya sistem penilaian melalui implementasi model penilaian dan lomba-lomba akademis, non akademis dan keagamaan.

9
Terwujudnya lingkungan sekolah yang kondusif dan bernuansa agamis

10
Terwujudnya perilaku warga sekolah yang disiplin dan berperilaku baik dalam kehidupan sekolah, rumah dan masyarakat



BAB II
RENCANA OPERASIONAL TAHUN 2011/2012
A. Tujuan Situasional Tahun 2011/2012
1. Meningkatnya pengembangan kurikulum
2. Meningkatnya proses pembelajaran dan layanan bimbingan konseling
3. Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan
4. Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik dan non akademik.
5. Terwujudnya rencana induk pengembangan fasilitas Pendidikan
6. Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan.
7. Peningkatan sistem penilaian Pendidikan
8. Lingkungan sekolah yang kondusif sebagai lingkungan komunitas pembelajaran
yang bernuansa agamis
9. Memiliki pemahaman yang benar terhadap ajaran agamanya dan landasan keimanan dan ketaqwaan yang kokoh sebagai wujud dari kefahaman tersebut.
10. Menjadi rencana sekolah berstandar nasional
B. Tantangan Nyata Tahun 2010/2011
1. Kurikulum yang berubah-ubah dalam waktu yang singkat.
2. Belum tersedianya guru BP/BK yang difinitif.
3. Sertifikasi Guru sebagai tenaga professional.
4. Semakin banyak dan mudah pengaruh yang datang kepada siswa yang mengakibatkan
malas belajar.
5. Pengaruh yang besar dari kemajuan IPTEK sehingga anak kurang mendalami ajaran agama.
C. Sasaran Tahun Ke I  2011/2012
1. Sekolah memiliki silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk
semua mata pelajaran
2. Minimal 80 % pembelajaran dapart memenuhi standar proses dengan melaksanakan strategi CTL, pendekatan belajar dan tuntas serta pembelajaran inovatif.
3. Sekolah mencapai 85 % standar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai SNP (PP 19 tahun 2005)
4. Minimal 85 % siswa mencapai ketuntasan kompetensi dan prestasi serta mencapai standar kelulusan.
5. Minimal 75 % sekolah dapat memenuhi standar fasilitas pendidikan
6. Sekolah dapat mencapai 85 % standar pengelolaan.
7. Minimal 85 % lingkungan sekolah bebas sampah serta bermanfaat multi fungsi bagi warga sekolah.
8. Seluruh warga sekolah berpakaian muslimah bagi wanita dan pakain muslim bagi laki-laki setiap hari jumat, mengikuti berbagai kegiatan keagamaan di sekolah.

D. Identifikasi Fungsi
Fungsi yang terkait dengan sasaran tahun ke-1 (tahun 2011/2012) adalah sebagai berikut :
- Fungsi Program
- Fungsi Ketenagaan
- Fungsi Kurikulum
- Fungsi Kesiswaan
- Fungsi Sarana Prasarana.
- Fungsi Humas.
E. Analisis SWOT
SASARAN I : Pengembangan Kurikulum
FUNGSI DAN FAKTORNYA
KRITERIA KESIAPAN
KONDISI NYATA
TINGKAT KESIAPAN FAKTOR
SIAP
Tdk SIAP
1. Fungsi Program
a. Faktor Internal
1). Standar Kompetensi dan
Kompetensi dasar.
2). Panduan Penyusunan KTSP
dan pengembangan silabus.
b. Faktor Eksternal
1). Pemahaman Stakeholder tentang
Penyusunan KTSP dan pengemba-
ngan silabus.
2). Nara Sumber pengawas Pembina
2. Fungsi Kelembagaan
a. Faktor Internal
1). Susunan MGMP Sekolah
2). Job Deskription
3). Sosialisasi
4). Pertemuan Stakeholder
5). Penyusunan KTSP/Silabus
6). Pengendalian Program
7). Pelaporan.
3. Fungsi Sarana/Prasarana
a. Faktor Iternal
1). Tempat pertemuan
2). ATK
b. Faktor Eksternal
4. Fungsi Keuangan
a. Faktor Internal
1). Dana
2). Alokasi Anggaran
b. Faktor Eksternal
1). Dukungan Dana Orang Tua siswa.
2). Dukungan Masyarakat
3). Dukungan APBN
4). Dukungan APBD I
5). Dukungan APBD II
Ada
Ada
Dipahami secara utuh
Ada dan memahami
Ada
Dibuat
Dilaksanakan
Dilaksanakan
Dilaksanakan
Terlaksana
Dibuat
Tersedia
Tersedia
Tersedia
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada

Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Belum dipahami secara utuh
Ada siap
Ada
Ada
Dilaksanakan
Belum
Belum
Belum
Siap
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas

Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas

Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas
Ada terbatas

V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V

3. Tujuan Sekolah :
Pada tahun 2012
a.   Terwujudnya sekolah sebagai sentral Pendidikan
b. Melayani masyarakat untuk mendapatkan Pendidikan dengan tanpa membedakan SARA (Suku, Adat, Ras dan Agama).
c.   Menghasilkan lulusan yang siap melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi atau siap terjun ke masyarakat.
d.  Terciptanya tenaga kependidikan yang professional.
e.  Tercapinya kesejahteraan tenaga kependidikan yang maksimal.
f. Terwujudnya hubungan yang harmonis antar pihak sekolah dengan seluruh lapisan masyarakat.
g. Menjadi sekolah berstandar nasional
B. Program Strategis
1. Meningkatkan pengamalan ajaran agama.
2. Meningkatkan pelayanan Pendidikan bagi seluruh warga masyarakat.
3. Intensifikasi dan ekstensifikasi bimbingan dan pengajaran.
4. Meningkatkan kinerja dan profesionalisme tenaga kependidikan.
5. Meningkatkan kesejahteraan tenaga kependidikan.
6. Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.
C. Strategi Pelaksanaan Program
Program 1 : meningkatkan pengamalan ajaran agama
Strategi Pelaksanaan :
1.1. Mengadakan pengajian/kebaktian rutin satu bulan sekali bagi seluruh warga Sekolah.
1.2. Berbusana muslim dan muslimah setiap hari Jumat.
1.3. Membiasakan membaca surat-surat pendek Al-Qur’an sebelum dan sesudah jam pelajaran.
1.4. Membiasakan mengucapkan salam dan berjabat tangan antar warga sekolah.
1.5. Memperingati Hari-hari Besar Keagamaan.
Program 2 : Meningkatkan pelayanan pendidikan bagi seluruh warga masyarakat.
Strategi Pelaksanaan :
2.1. Sosialisasi pendidikan Wajar Dikdas 9 Tahun..
2.2. Pendataan Calon Siswa baru kelas VII.
2.3 Penerimaan Calon Siswa baru sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.4. Menyalurkan bantuan bagi siswa yang berprestasi.
2.5. Menyalurkan bantuan bagi siswa ekonomi lemah.
Program 3 : Intensifikasi dan Ektensifikasi bimbingan dan pengajaran
Strategi Pelaksanaan :
3.1. Mengefektifkan waktru belajar.
3.2 Mengadakan bimbingan belajar.
3.3. Mengadakan remidial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan.
3.4. Mengadakan pengayaan bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan.
3.5. Menyalurkan bakat dan minat siswa dan kegiatan ekstrakurikuler.
3.6. Membentuk kelompok belajar siswa di lingkungannya.
3.7 Memantau kegiatan belajar siswa di lingkungannya.
3.8. Mengadakan jam pelajaran tambahan berupa kursus computer dan Bahasa Inggris.
Program 4 : Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.
Strategi Pelaksanaan :
4.1. Mengadakan MGMP sekolah.
4.2. Mengikuti MGMP dan MGBP Kabupaten.
4.3. Mengikuti Pelatihan Kepala sekolah, Guru mata pelajaran dan Karyawan.
4.4. Mengikuti Work Shop Kurikulum baru.
4.5. Mengikuti Seminar Pendidikan.
Program 5 : Meningkatkan kesejahteraan Tenaga Kependidikan
Strategi Pelaksanaan :
5.1. Mengadakan dana serba serbi.
5.2. Memberikan tunjangan sesuai dengan tugasnya.
5.3. Mempermudah pelayanan administrasi bagi setiap warga sekolah untuk keperluan kenaikan tingkat, pinjaman dana Bank dan lain-lain
5.4. Memberikan tugas sesuai dengan kemampuanya.
5.5. Cepat tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah.
Program 6 : Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.
Strategi Pelaksanaan :
6.1. Mengadakan silaturahmi dengan orang tua/wali siswa, masyarakat Umum, lembaga dan intansiterkait.
6.2. Mengadakan kegiatan bakti social.
6.3. Mengadakan kompetisi volley ball antar Sekolah Dasar pendukung.
6.4.Mengadakan Pertandingan/perlombaan yang melibatkan warga Masyarakat sekitar.
6.5. Menyalurkan infak/sodaqoh bagi masyarakat yang sekitar yang berhak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar